Kamis, 19 Maret 2015

TUGAS KE-1 : AKUNTANSI INTERNASIONAL (KASUS 2-1)

Kasus 2-1
Apakah Klasifikasi Akuntansi telah Ketinggalan Zaman?

1. Apakah anda setuju dengan pendapat yang dikemukan Cairn bahwa klasifikasi akuntansi terlalu sederhana dan kurang relevan dalam dunia saat ini? Apakah usaha-usaha untuk mengklasifikasi akuntansi tidak bermanfaat dan ketinggalan zaman? Mengapa dan mengapa tidak?

Saya kurang setuju dengan pendapat Cairn bahwa akuntansi terlalu sederhana dan kurang relevan saat ini. Menurut saya, akuntansi didunia ini sudah sangat berkembang. Klasifikasi sendiri memiliki tujuan untuk mengetahui sejauh mana suatu sistem mempunyai kesamaan dan perbedaan. Dengan adanya perbandingkan prinsip akuntansi antarnegara sudah dapat mampu memberikan informasi yang diperlukan dalam pengambilan keputusan pada setiap perubahan lingkungan bisnis antarnegara dengan cakupan yang lebih luas.

2. Beberapa pengamat berpendapat bahwa pelaporan keuangan menjadi semakin mirip dengan dikalangan perusahaan "kelas dunia" - perusahan-perusahaan multinasional terbesar didunia -dan khususnya yang mencatatkan sahamnya dibursa efek utama seperti London, New York, Tokyo. Apakah relevansinya pendapat ini terhadap klasifikasi akuntansi dan apa saja faktor yang menyebabkan terjadinya hal ini?

Menurut pendapat saya, hal diatas kurang relevan karena perusahaan multinasional semakin menyesuaikan laporan keuangan mereka untuk pengguna di seluruh dunia sebagai sarana informasi. Jadi harus dibedakan antara tingkat domestik dengan tingkat internasional. Faktor penyebab yang paling berpengaruh adalah kemajuan teknologi dalam mengakses informasi tersebut secara cepat dan tingkat perkembangan ekonomi didalam suatu negara tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar